Sabtu, 09 April 2011

5 Manfaat Berciuman Untuk Kesehatan

http://bengkelsainsandtechno.files.wordpress.com/2011/02/faktamenariktentangciuman.jpg?w=466&h=349

Ciuman selama ini mungkin hanya sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang kita kepada pasangan hidup (suami/istri) atau kepada anak atau cucu. Tapi tahukan Anda bahwa ciuman ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan juga mental kita, beberapa keuntungan dari berciuman adalah :


  1. BERCIUMAN membantu mencegah kerusakan gigi (lebih baik daripada menggosok gigi?) Dr Peter Gorden, Dental Advisor pada British Dental Association, menjelaskan. “Setelah makan, mulut Anda penuh dengan larutan gula dan asam, yang berpotensi menyebabkan plak pada gigi. Melalui kegiatan berciuman (tentunya dengan pasangan yang sah !!!) secara tidak disadari juga terjadi proses pembersihan terhadap kotoran/plak pada gigi. Selain itu berciuman juga akan merangsang aliran air liur yang akan membawa dan membersihkan plak. “
  2. BERCIUMAN dapat mengurangi ketegangan. Sebuah ciuman yang penuh gairah merupakan teknik relaksasi, kata konsultan stres, Michelle Kay Mcnabb. “Saat mulut Anda berada dalam posisi mencium, Anda dalam posisi hampir tersenyum dan karena emosi dan bahasa tubuh kita sangat terkait erat, maka hampir tidak mungkin untuk tersenyum dan merasa tegang pada saat sama,” disamping itu pernapasan Anda menjadi lebih dalam dan biasanya Anda menutup mata ketika berciuman, hal itu akan menyebabkan Anda bersantai dan lepas dari ketegangan.
  3. BERCIUMAN membantu Anda menurunkan berat badan .Berapa kalori yang bisa Anda bakar melalui ciuman tergantung dari berapa lama Anda mampu melakukannya?? Ciuman yang dalam dan panjang membuat metabolisme tubuh meningkat yang tentunya akan membakar gula/lemak dalam tubuh Anda lebih cepat dari biasanya. Kalori yang terbakar tergantung pada intensitas ciuman, tetapi secara dapat dikatakan bahwa Anda dapat membakar 10 kalori untuk setiap 10 menit ciuman.
  4. BERCIUMAN memperlambat proses penuaan. Berciuman membantu menjaga tonus otot pipi dan rahang Anda, saat berciuman otot pipi dan rahang akan berkontraksi sehingga tonusnya akan terjaga dan tidak mudah menjadi kendor. Jika tonus otot wajah baik maka Anda akan tampak selalu muda.
  5. BERCIUMAN meningkatkan tingkat kebugaran. Saat berciuman jantung Anda memompa darah lebih cepat keseluruh tubuh Anda, hal ini karena saat berciuman Anda melepaskan hormon Adrenalin kedalam darah yang akan memicu jantung berdenyut lebih cepat dan lebih kuat dan ini merupakan latihan yang sangat baik untuk sistem kardiovaskuler yang akan menyebabkan Anda menjadi lebih bugar, kata Dr Susan Hotchkies.”

Nah bagi Anda yang sudah mengetahui banyak manfaat dari ciuman maka lebih seringlah memberikan ciuman yang dalam dan menggairahkan untuk pasangan Anda dan berilah banyak ciuman yang hangat dan penuh kasih sayang untuk putra dan putri Anda dan juga cucu-cucu Anda.
sumber: dikutip.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar